Rabu, 12 Desember 2012

Personal Pronoun

PERSONAL PRONOUNS
Pendahuluan
Personal pronouns adalah kata ganti kepunyaan (possessive) yang menerangkan tentang kepunyaan. Hal pertama yang harus diketahui adalah macam-macam subject (Saya jadi teringat nih saat saya di interview kemampuan dasar bahasa Inggris, tapi saya lupa elaborasi dari macam subject secara teori. Kalau praktikal mah semua orang pasti bisa, kan?).
Singular Person / Orang Pertama Tunggal
I
Singular Person / Orang Pertama Jamak
We
Second Person / Orang kedua Tunggal
You
Second Person / Orang Kedua Jamak
You
Third Person / Orang Ketiga Tunggal
She, He, It
Third Person / Orang Ketiga Jamak
They

Subject Pronoun
Object Pronoun
Possessive Adj
Possessive Pron
She
Her
Her
Hers
He
Him
His
His
It
It
Its
Its
I
Me
My
Mine
You
You
Your
Yours
We
Us
Our
Ours
They
Them
Their
Theirs

Contoh dalam kalimat
a.      She has two bags
I don’t know about her
Her bags are black and brown
Is it hers (her bag)?
 
b.      I am looking down her desk
She’s looking at me
I’m looking for my pencil, it fell down under the desk
That’s mine! (the pencil)
 
c.      We will cook for dinner
She orders us to cook for dinner
We cook for our dinner
Is it ours? (our dinner)
 
d.      They plan to go to Bali next week
I invite them to visit my village
They bring their heavy stuff on vacation, it burden everybody
Is it theirs? (their burden heavy stuff)
 
Nah, gampangkan? Tahu gak, interview saya gagal gara-gara teori sederhana ini. Hal sederhana yang kita anggap sepele sebenarnya akan menjadi hal besar jika ‘dipertanyakan’. Benarlah apa kata Ibu saya. “Orang slebor adalah orang yang tahu prakteknya tapi tak tahu teorinya. Orang konyol adalah orang yang tahu teorinya tapi tak tahu praktikalnya. Orang goblog adalah orang yang tak tahu dua-duanya, padahal itu adalah bidangnya.” (Deu….saya jadi malu nih sama Ibu saya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar